Senin, 30 April 2018

Combro

Pernah  dengar combro? Combro itu singkatan dari oncom di jero, kulitnya singkong parut. Terus di goreng πŸ˜‚πŸ˜‚ pliiis lah, urang sunda mah sok kitu.
Pake singkatan biar keren. Misro amis si jero, cireng aci goreng, cilok aci cilok, bareng baso goreng dll lah ya pokoknya.
Ceritanya pengen banget singkong rebus di colek pake sambel daun bawang. Sambel nya sudah siap pas cari singkong ke pasar adanya singkong jumbo. Katanya singkong lagi langka. πŸ˜ͺ baru di negeri mukidi singkong ampe langka. Sampe di rumah setelah di kupas, langsung ambil parutan. Maut sambil telpon emak tercinta. Tak terasa sampe selesai 2 kilo. Niatnya separo ajha.
Habis di parut, di kasih air. Istilah bahasa sundanya di gombang. Tujuannya untuk mengurangi bau khas singkong & memisahkan patinya. Saya gombang 2 kali. Tunggu 2 jam, buang air perasan pelan-pelan. Tampak bagian bawah terdapat endapan. Nah, itu dia patinya. Lalu campur dengan ampas singkong. Beri garam & bawang putih yg sudah di hapuskan. aduk-aduk, dah siap mau di bikin apa ajha. Tapi kalau teman-teman mau simple, ga pake di gombang juga ga papa. Jadi habis parut langsung di gunakan. Penampakannya seperti di bawah ini.
 Kita buat isinya ga pake oncom ya πŸ˜„ di Tenggarong belum lihat ada yg jual oncom. Nah kita pake tempe ajah sama cabe,garam, plus royco dikit. Menurut lidah saya yg orang kampung, ini sudah enak walaupun di olah dengan bumbu sederhana eaaa 😝
 Tempenya jadi isiannya nih. Saya buat 2 versi. Pedas & gurih, pengennya sih di isi pedas semua 😍 berhubung untuk anak - anak jadi di kasih rasa gurih ajha tanpa isian. Gendut πŸ˜‚πŸ˜‚ suka kalau isiannya banyak.

Goreng sampe kuning kecoklatan. Taraaaa..a siap di lahap. 😝 ternyata makannya sebentar ajha habis. Padahal suami lagi program diet ceritanya. Lupakan sejenak diet nya πŸ˜‚πŸ˜‚ Yuk coba buat untuk cemilan di rumah. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar