Jumat, 05 Januari 2018

Cake tepung beras

Si kakak sebenarnya ulang tahunnya sudah lewat. Emang pas liburan sekolah juga. Emak & ayahnya juga  ga pengen juga ngerayakan ultah. Selain memang tidak ingin mengajarkan merayakan ultah, kita lagi ga punya duit, plus lagi full job. He he.. Jadi setelah masuk di bulan januari hei hei girang lah emaknya. Selamet, ultah mas zaki dah lewat. baru masuk sekolah 4 hari sudah ada yg mau merayakan ultah di sekolah. Ga tega lihat  wajah mas zaki lesu tak bersemangat saat pulang sekolah. Pas di tanya, kenapa wajahnya lesu? "teman mas zaki mau ulang tahun. Yang muslimah. Namanya yuna. Tadi sudah di kasih surat dengan ustadzah"  mumpung bawa duit 100rb, cus langsung ke toko kue. Ternyata tu duit cuma sisa 20rb. Karena emak & ayahnya lagi diet tepung, walaupun ga diet ketat sih. Cuma lagi berusaha mengurangi tepung2an. Terutama tepung terigu. 
Back to cake ya, jadi kali ini mau coba buat cake pakai tepung beras. Penasaran kan gimana hasilnya? He he saya juga ga sabar pengen lihat hasilnya. Resep nya ngubek di cookpad. Sampe lupa tu resep yg mana.

Yuk intip bahannya: 
# tepung beras 90gr
# telor 3 (saya pakai ukuran agak kecil. Pisahkan putih & kuning telurnya) 
#Gula 80gr
# bubuk coklat 3 sendok teh 
# Pasta coklat 
# minyak goreng 40 ml
#baking powder double acting. Resep asli ga pake. He he saya ga pede takut Bantet 
# santan kata 60ml 

Cara buatnya : kocok putel, sambil masukkan gula secara bertahap. Kocok terus sampe berwarna putih pucat. Kalau di tutorial resep aslinya sampe di balik ga tumpah. Saya asal sudah putih pucat & kaku ajha. Masukkan kuning telur sampai tercamour rata. Kemudian tepung beras yg sudah di campur dengan bubuk coklat & baking powder secara bertahap. Kemudian masukkan santan yang sudah di campur pasta coklat. Aduk balik secara perlahan. Tapi entah kenapa ya, ko kue saya agak bergerindil. Tadinya saya aduk2 lagi tapi takut bantat he he ternyata jadinya yg bergerindil masih ada tepung2nya gituh. Walaupun cuma dikit, kayaknya mengganggu penampilan juga ya? Setelah selesai aduk, langsung masuk sandang yg sudah panas ya. Jangan lupa lapis tutup dandang dengan serbet. Tunggu 40 menit kurang lebih & angkat. Tunggu dingin, siap untuk melakukan hias. 

Bahan buat Cream : 
Mentega putih 
Susu kental manis 
Air jeruk nipis 
Mixer semua bahan Cream sampe lembut & bisa langsung di gunakan. 

Penampakan Cream nya.
Hasil Cream nya lembut banget rasanya enak ga bikin enek. Yang pasti hasilnya cantik kalau buat hias kue 😂😂 saya mah belum bisa hias 2 kue. Sudah hasil maksimal, itu pun di bantuin sama budak letik. Meses yg udah nempel di copotan dei 😪 nasib mak emak amatiran. 


Maapken yah, pengennya sih kue nya cantik. Namun apalah apalah sama bocah kecil.

 Mas zaki main sampe kesorean. Jadi fotonya malam2.
 Barakallah mudahan jadi anak sholeh ya nak.! Tetap semangat & terus Belajar 
😍😍🎁🎁🎉🎉


Tidak ada komentar:

Posting Komentar